Selasa, 19 Maret 2013

Enlightening Minds, Expanding Horizons

Enlightening Minds, Expanding Horizons

Sebuah kalimat yang sering kita dengar di Toko Buku Gramedia, arti dari kalimat tersebut kurang lebih adalah mencerahkan pikiran, menambah wawasan pikiran. Cocok sekali untuk menggambarkan toko buku Gramedia sebagai sebuah tempat menjual buku yang dapat mencerahkan pikiran dan memperluas wawasan manusia. Buku merupakan sebuah alat yang sangat penting bagi seseorang yang ingin belajar secara teratur dan sistematis karena buku sendiri pada umumnya di susun secara sistematis dengan menggunakan metode yang baik. Buku sendiri tidak akan gunanya apabila hanya di beli tetapi tidak di baca oleh pemiliknya.

Dalam konteks Indonesia tentu sudah bukan rahasia umum kebanyakan masyarakat Indonesia lebih senang menonton tv ketimbang membaca buku ataupun koran, mengapa demikian ? menurut hemat penulis masyarakat Indonesia cenderung lebih menikmati menonton karena lebih praktis ketimbang membaca buku dan koran yang isinya tulisan tulisan padat dan panjang. Lalu apakah hal ini baik untuk perkembangan kebudayaan suatu bangsa ? tentunya tidak, karena pada umumnya tayangan televisi khususnya televisi Indonesia kebanyakan berisi sinetron sinetron yang isinya tidak bertanggung jawab seperti misalnya saja terlalu menonjolkan sifat sifat kekerasan dari tokoh antagonis (tokoh jahat) terhadap protagonis (tokoh baik) di dalam sinetron yang menurut akal sehat sangat sangat tidak mendidik dan tidak mengajarkan nilai nilai toleransi, kerja keras, keuletan, tanggung jawab, kejujuran dan nilai nilai baik lainnya.

Lalu mengapa hal ini di biarkan saja oleh Pemerintah Indonesia ? Jika Pemerintah Indonesia peduli dengan perkembangan jiwa dan akal sehat daripada generasi muda Indonesia tentunya Pemerintah dalam hal ini Komisi Penyiaran Indonesia melarang penayangan sinetron sinetron yang tidak mendidik. Belum lagi acara acara televisi non-sinetron yang tidak berbobot menonjolkan kekerasan sebagai bahan tertawaan sama sekali tidak mencerdaskan sebuah bangsa. Peran KPI sangat di perlukan untuk membangun program televisi yang bermanfaat dan mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan tujuan Negara Indonesia yang tercantum di dalam Pembukaan Undang Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.

Sebagai penutup saya menyarankan kepada kita semua untuk tidak menonton program program televisi yang tidak mendidik dan tidak menanamkan nilai nilai kebaikan pada masyarakat dan beralihlah untuk lebih banyak membaca buku buku maupun koran yakinlah di dalam buku dan koran tersimpan ilmu yang dapat anda gunakan dalam kehidupan sehari hari. 

Terima kasih telah menyempatkan membaca tulisan sederhana ini.

Jangan lupa klik google +1-nya ya thank you :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar