Rabu, 11 Desember 2013

Cara Belajar Yang Baik Bagi Mahasiswa Hukum

Cara Belajar Yang Baik Bagi Mahasiswa Hukum
Berikut ini adalah cara sederhana bagaimana cara belajar yang baik bagi mahasiswa hukum:

1.  Rajin Mencatat Perkataan Dosen dan Menambah Intisari Pelajaran.
Pertama sekali tentu pelajaran yang harus dipahami secara mendalam adalah ilmu negara, pengantar ilmu hukum, dan pengantar hukum indonesia. Sebaiknya dibuat buku khusus yaitu satu buku untuk satu mata kuliah sehingga memudahkan kita untuk belajar pada saat mau UTS maupun UAS yang dipergunakan untuk mencatat perkuliahan dengan baik catat perkataan dosen dengan sistematis dan singkat, jika kesulitan mengejar perkataan dosen rekam perkuliahan dan tulis ulang. Tambahkan ringkasan ringkasan dari buku literatur hukum yang kita baca sebanyak mungkin sehingga mempermudah pemahaman kita tentang mata kuliah yang kita ambil tersebut. Bacalah juga Putusan Pengadilan,Undang Undang, berita hukum, dan seminar hukum. Baca juga buku pengantar logika penulis Prof.B. Arief Sidharta,SH atau buku pengantar logika lainnya agar pola berpikir saudara mencari teratur dan terarah dalam menggunakan logika hukum yang benar. Jadi Logika Hukum juga harus didukung dengan pengetahuan hukum yang luas yang di dapat dari membaca buku buku hukum. Lebih bagus lagi ditambah dengan membaca buku pengantar Filsafat ilmu atau filsafat umum dilanjutkan buku Filsafat Hukum.


2. Membuat Jadwal Belajar dan Disiplin dalam Belajar
Buat rencana belajar yang diprioritaskan pada mata kuliah yang kita tidak mampu difokuskan hingga kita mahir, bisa dengan mempelajari putusan Hakim, membaca berita hukum, membaca jurnal hukum, menonton Indonesia Lawyers Club, membaca undang undang, berdiskusi dengan dosen dan teman teman, membaca buku literatur hukum. Buatlah jadwal belajar yang baik. Ikuti Jadwal belajar yang sudah dibuat, di sisipkan waktu untuk istirahat secukupnya yang dapat digunakan untuk main game dan sebagainya. Belajar 2 jam dalam 1 hari sudah cukup asal dilakukan secara teratur dan konsentrasi yang baik, dan jaga kesehatan tubuh. Tentukan target IPK di atas 3.2 itu sudah baik.


3. Jangan belajar hanya pada saat menjelang ujian.
Ilmu Hukum itu harus dicari dari perkuliahan, buku, internet dan sumber lainnya. Mulailah belajar dengan teratur dan mulai dari awal tanggal perkuliahan dimulai sampai dengan kuliah berakhir. Aktif aktiflah mencari berita di internet/koran yang berkaitan dengan mata kuliah yang sedang kita ambil, intisarikan pertanyaan yang muncul di benak kita untuk ditanyakan/ didiskusikan kepada Dosen tapi pelajari dan cari terlebih dahulu jawabannya mungkin kita bisa mendapat jawabannya sehingga kita tidak terkesan minta untuk disuapi jawaban karena kuliah hukum merupakan pemahaman, tapi jika tidak ketemu jawabannya maka diskusikanlah dengan dosen pengampu mata kuliah tersebut. Kerjakan tugas dengan serius dan fotocopy tugas yang akan dikumpul, sebab tugas bisa jadi bahan belajar saudara.

4. Bangkitkan motivasi yang kuat untuk belajar.
Semua mata kuliah hukum penting dan berguna untuk memberi bantuan hukum bagi keluarga besar dan teman teman  kita. Kejarlah ilmu hukum sebanyak mungkin karena kesempatan yang lebih baik biasanya lebih memihak pada orang-orang berilmu dan pandai bergaul dan berdoa. Ingat belajar itu kunci kesuksesan disamping pandai bergaul dan berdoa.  Senangilah mata kuliah hukum apapun dan pahami lebih jauh mata kuliah hukum akan bermanfaat di masa depan Saudara. Positive thinking ketika belajar dengan giat, banyak membaca buku literatur hukum, bijak belajar memilih hal hal yang harus dipelajari dan berdoa 90% akan berhasil mendapat nilai yang baik di mata kuliah tersebut.


5. Punya hobi yang bermanfaat.
Hobi yang bermanfaat ini bisa hobi baca Koran, hobi menulis, hobi bermain catur, hobi nonton film law and order dan hobi yang mengasah otak saudara sekalian. Karena Otak juga perlu di isi dengan hobi agar tidak bosan dan jenuh terus terusan karena belajar. Dengan hobi dapat mengasah otak sekaligus merefreshing otak. Bermain bulutangkis, basket, dan futsal juga baik.

Sebarkan tulisan ini di facebook/twitter/jejaring sosial lainnya. Jangan lupa klik google +1-nya.
Terima kasih sudah membaca tulisan sederhana saya :)

9 komentar:

  1. Balasan
    1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,
      Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan
      Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 1M saya stres hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan MBAH SORE, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi MBAH SORE kata pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 5Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering
      menyarankan untuk menghubungi MBAH SORE di 085-256-133-981 - situsnya agar di berikan arahan. Jarak jauh juga bisa, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi MBAH SORE pasti akan men bantu anda - atau silahkan KLIK DISINI Terima kasih. PENGAKUAN SAYA BERSAMA KELUARGAKU INI BUKAN CERITA ATAU PUN REKAYASA BENER-BENER TERBUKTI

      Hapus
  2. Nicepost Kunjungi Blog Saya juga http://rentalsewalaptopsurabaya.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. wkwkw.. benarr saya suks tuh pointer nya.. biasanya kita menghafal ketika hendak ujian saja.. tentu ini salah kaprah kan? hehe

    BalasHapus
  4. Makasih kak, aku anak hukum nih. salam kenal ya, lagi butuh banyak refrensi hukum .

    BalasHapus
  5. Nice Info Jangan Lupa Kunjungi Blog kami http://jasapembuatanskripsimurahsurabaya.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  6. Nice Info Jangan Lupa Kunjugni http://jasakonsultanskripsisurabaya.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  7. sangat bermanfaat , klik juga disini http://law.uii.ac.id/program-studi/ilmu-hukum-s1/program-studi-dan-lama-studi.html

    BalasHapus