Selasa, 17 Desember 2013

Peran Advokat dalam Perancangan Kontrak Bisnis bagi Perusahaan

Peran Advokat dalam Perancangan Kontrak Bisnis bagi Perusahaan

Sebenarnya masih banyak Peran Advokat bagi Perusahaan tapi dalam tulisan ini saya fokuskan dalam Perancangan Kontrak Bisnis bagi Perusahaan saja.

Dalam perancangan isi kontrak bisnis perlu analisa hukum perdata khususnya hukum perikatan, hukum benda, hukum jaminan, hukum perjanjian khusus, hukum dagang uu persaingan usaha, uu perlindungan konsumen, dan uu ketenagakerjaan. Tentu orang yang memahami dan menguasai peraturan peraturan hukum tersebut adalah seorang Sarjana Hukum yang rajin membaca dan logikanya baik diatas rata rata tapi mampu menjelaskan dengan bahasa yang sederhana kepada kliennya.

Tentu kontrak bisnis akan dibuat tertulis dihadapan Notaris, akan tetapi sebagai Advokat/Pengacara dari klien tentu kita harus mengamankan kepentingan ekonomis dan yuridis dari klien agar hak dan kewajiban yang dituangkan dalam kontrak bisnis tersebut menguntungkan secara seimbang bagi kedua belah pihak disinilah peran Penting Pengacara/Advokat.

Sebagai seorang Pengusaha carilah advokat yang kualitasnya bagus, professional, pintar, bijaksana, berintegritas, dapat dipercaya, pekerja keras, dan pandai bergaul. Dari kriteria kriteria tersebut anda dapat bertanya dengan banyak relasi saudara tentang siapa advokat yang kualitasnya bagus dan memenuhi kriteria kriteria di atas. Tentunya juga disesuaikan dengan keuangan perusahaan saudara. Tarif Advokat jangan dianggap murah hanya karena Sarjana Hukum bertebaran, Sarjana Hukum yang kualitas tinggi tentu juga harus dibayar dengan harga yang sesuai dengan kualitas ilmu hukumnya. 

Jangan pernah meremehkan Advokat yang baik, sebab jika anda mendapat Advokat yang buruk dan/atau bermain mata dengan pihak lawan maka akibatnya adalah anda akan merugi lebih besar dibandingkan jika anda memakai advokat yang baik. Banyak banyaklah bertanya dengan sanak saudara teman teman terdekat tentang siapa Advokat yang pantas untuk dipakai dan bagus kualitas advokatnya. Jangan perhitungan masalah biaya dengan advokat bayarlah jasa advokat sepantasnya karena advokat tersebutlah yang sudah berusaha dengan jujur menyelamatkan perusahaan anda dari kerugian yang lebih besar. 

Ya jika mau lebih pasti lagi dalam memilih advokat maka sekolah anak anak Bapak/Ibu di Fakultas hukum ternama yang kualitasnya sangat baik atau baik, motivasi mereka untuk rajin membaca buku, rajin mengikuti perkembangan berita hukum dan pandai bergaul setelah itu sarankan mereka magang di kantor hukum ternama di Kota Bapak/Ibu lebih extrim lagi perintahkan mereka magang di Kantor Hukum ternama di Kota Jakarta.
Oleh karena itu berhati hatilah memilih advokat tetap bagi perusahaan saudara sekalian. 
Apabila terdapat kritik terhadap tulisan ini Penulis dengan terbuka menerima kritik disertai saran dari semua pihak. 

Sebarkan tulisan ini di facebook/twitter/jejaring sosial lainnya. Jangan lupa klik google +1-nya.
Terima kasih sudah membaca tulisan sederhana saya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar